Travel

Objek Wisata Pantai Ujung Sibolga Kini Dikelola PD SINA

Sibolga | Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga, Yahya Hutabarat, mengungkapkan, pemanfaatan kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga, telah diserahkan pengelolaannya kepada PD SINA, yakni Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Sibolga.

Menurut Yahya, serah terima pengelolaan barang atau aset milik Pemkot Sibolga, cq Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kepada PD SINA tersebut berlangsung, Rabu (15/1/2020).

Aset tersebut di antaranya, area parkir roda dua, sarana dan prasarana panjat tebing, letter neon, lampu hias, sarana bermain anak-anak, taman, gazebo atau pondok lesehan, taman Aek Doras di jalan masuk kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga.

“Kemudian, pos penjaga pantai, pos jaga dan gapura di jalan masuk ke kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga,” ungkap Yahya Hutabarat kepada wartawan, Kamis (16/1/2020).

PD SINA selaku BUMD juga berhak mengelola, memanfaatkan, mengoperasikan, memelihara dan memperbaiki gedung dan bangunan yang ada di kawasan Pantai Ujung Sibolga tersebut.

“Termasuk melakukan pemungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga,” ujar Yahya.

Gedung mewah pusat jajanan modern di Pantai Ujung Sibolga. (foto: wan)

Dalam perjanjian serah terima aset, ada hal yang dilarang dilakukan PD SINA, di antaranya, melakukan perubahan terhadap bangunan dan peralatan yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk.

BACA JUGA:  Ibu-ibu Ini Arisan Sambil Latihan Bikin Kompos di TPA

PD SINA juga dilarang merubah fungsi serta kapasitas bangunan dan peralatan tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

“Status kepemilikan aset tetap sebagai aset Pemkot Sibolga cq Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga,” Yahya menambahkan.

Kabarnya, pihak PD SINA telah melobi beberapa pengusaha kuliner untuk membuka usaha di kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga.

“Kita juga berharap, kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga itu segera dioperasikan,” ujar Yahya.

Direktur PD SINA, Azran Sinaga, membenarkan, operasional kawasan wisata di Pantai Ujung Sibolga atau disingkat Pajus tersebut telah berada dibawah kendali pihaknya.

Pihaknya bertekad mewujudkan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata andalan di Kota Sibolga. Tidak melulu mengejar target PAD, tetapi juga mendukung ekonomi masyarakat terutama mereka yang menggeluti usaha kuliner.

“Segera kita launching operasionalnya. Sudah ada 8 pengusaha kuliner dari Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, yang akan membuka usaha di gedung pusat jajanan modern di Pantai Ujung Sibolga,” ujarnya.

editor: wan

Tags
Back to top button
Close