BisnisZone Featured

Rosmaya Hadi: 4 Kategori UMKM Ini jadi Fokus Perhatian Bank Indonesia

Sibolga | Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi mengatakan, di tengah perekonomian global yang mengalami ketidakpastian, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk mempertahankan stabilitas ekonomi.

“Saat ini, ekonomi global tumbuh melambat. Bahkan, IMF telah mengoreksi pertumbuhan ekonomi global dari semula 3,6% menjadi 3,2%,” sebut Rosmaya Hadi di acara Pagelaran Karya Kreatif Tenun Tapanuli, di Terminal Pelabuhan Sibolga, Sabtu (31/8/2019).

Di acara ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, bersama desainer ternama Wignyo Rahadi, menampilkan koleksi Ulos Harungguan dalam fashion show.

Kopi Sipirok yang diproduksi Pesantren Darul Mursyd (PDM), dan produk kuliner mitra binaan BI Sibolga juga ada.

Kopi Sipirok di Pagelaran Karya Kreatif Tenun Tapanuli di Terminal Pelabuhan Sibolga. (foto: wan)

Rosmaya Hadi menjelaskan, Bank Indonesia kembali dengan visinya ingin berkontribusi nyata dalam perekonomian, dan melihat bahwa potensi ekonomi itu adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Bila perekonomian kita dalam kondisi tidak pasti, maka yang bisa dilakukan ialah memperkuat produk dalam negeri. Kita dukung produknya agar mempunyai nilai yang tinggi,” ujarnya.

BACA JUGA:  Gaet Turis ke Danau Toba Lewat Aplikasi Toba Smile

Rosmaya Hadi menambahkan, BI telah memetakan 4 kategori UMKM, dan akan menjadi fokus perhatian sebagai berikut:

Pertama, adalah mereka yang baru saja memulai atau merintis usahanya (start-up).

“Para pemula ini, akan difasilitasi dan diajari membuat neraca keuangan dan pembukuan, kemudian langkah apa yang harus dilakukan,” katanya.

Kedua, adalah UMKM yang sukses. Ketiga, UMKM yang sukses digital. Kemudian yang keempat, UMKM yang sukses ekspor.

Pada kesempatan itu, Rosmaya Hadi juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap hasil karya desainer ternama Wignyo Rahadi, orang Jawa yang gigih memperjuangan Ulos Batak.

“Saya senang hadir di sini. Baru kali ini dalam sejarah hidupku bisa berkunjung ke Sibolga. Pada 5 Oktober nanti, saya juga akan ke Taput,” tuturnya.

Sejumlah model menampilkan pakaian Ulos Harungguan karya disainer Wignyo Rahadi dalam fashion show di Terminal Pelabuhan Sibolga. (foto: dody)

Dikatakan, Ulos Harungguan, ternyata sangat indah ditampilkan dalam peragaan busana (fashion show).

“Saya melihat, banyak para influencer, serta pengusaha wanita sukses dari Kota Medan dan Jakarta yang hadir. Tentunya, ini menjadi kesempatan bagus sebagai ajang promosi dan pemasaran produk,” imbuhnya.

penulis: dody
editor: wan

Tags
Back to top button
Close