Pasien berinisial M, penderita HIV dirawat di RSUD Pandan. (foto: ist)

Tapanuli Tengah – Seorang warga Jalan Baru Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) berinisial M (21) mengidap penyakit HIV.

Saat ini M sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan, dibawah pengawasan Dinas Sosial Tapteng.

Loading...

Plt. Kadis Sosial Tapteng Parulian S Panggabean menjelaskan, pihaknya sedang melakukan upaya agar pasien segera dikirim ke Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV Bahagia, Kementerian RI di Kota Medan.

“Namun upaya yang kita lakukan agar pasien segera dikirim hingga saat ini belum membuahkan hasil. Karena tidak memenuhi kriteria yang dikeluarkan oleh panti sosial yakni, pasien tidak memiliki keluarga untuk berkordinasi,” ujar Parulian Panggabean, dalam keterangan tertulis, Sabtu 1 September 2018.

Menurut Parulian, pihaknya telah berupaya mencari informasi tentang keberadaan keluarga maupun kerabat pasien di wilayah kota Pandan.

“Sesuai arahan Bupati Tapteng, biaya perawatan M selama ditangani medis sejak 27 Agustus 2018 ditanggung oleh dinas kesehatan dan dinas sosial Tapteng,” jelas Parulian.

Menurut Parulian, wanita asal Palembang ini diketahui sebagai pekerja seks komersial (PSK) di salah satu kafe di Tapteng.

Kasus ini terungkap setelah pihaknya menerima laporan dari Puskesmas Pandan pada, Sabtu 4 Agustus 2018 silam.

“M dinyatakan positif HIV setelah petugas medis melakukan screening test HIV dan test TBC dengan membawa Sputum (dahak) ke RSUD Pandan, hasilnya dinyatakan positif,” ujar Parulian Panggabean.

Dia menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya mencari informasi tentang keberadaan keluarga maupun kerabat pasien di wilayah kota Pandan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan keluarga pasien agar memberikan informasinya kepada kami atau dapat menghubungi kami di kantor Dinas Sosial Tapteng, sehingga pasien dapat dirujuk dan dirawat di Medan,” imbuhnya. (ril)

KOMENTAR ANDA
Loading...