PolitikSibolga2020Zone Featured

Ada Apa dengan Andhy P Nainggolan?

Sibolga | Belakangan ini, sosok pemilik nama lengkap Andhy P. Nainggolan menjadi pembicaraan hangat di Kota Sibolga. Mulai dari warung kopi, organisasi, tokoh masyarakat, komunitas, bahkan elit partai. Hingga akhirnya muncul pertanyaan, ada apa dengan Andhy P. Nainggolan?

Ketika bertemu di Kota Sibolga, Andhy P. Nainggolan menguraikan benang merah yang selama ini menjadi misteri. Secara blak-blakan, Andhy mencetuskan niatnya untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Sibolga periode 2020-2025 mendatang.

Putra kelahiran Sibolga, 23 September 1975 ini mengungkapkan hal yang melatarbelakanginya untuk maju dan mencalonkan diri, adalah untuk menyahuti aspirasi masyarakat yang menginginkan sosok yang benar-benar peduli terhadap permasalahan yang ada di Kota Sibolga.

Pendiri organisasi Masyarakat Penggiat Anti Narkoba Republik Indonesia (MAPAN RI) itu menjelaskan, sebagai orang yang peduli kampung halaman, dia selalu memerhatikan perkembangan Kota Sibolga secara detail. Ternyata, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan di seluruh aspek.

“Ambo urang Siboga asli, nandak mangabdi mambuek nan elok di tangah masyarakat dan indak mungkin ambo rusak kampung halaman ambo ko, apo lai pusek ambo ditanam di tampek nan batuah ko,” ungkap Andhy dengan logat khas Sibolga kepada awak media, Minggu (9/6/2019).

Bahasa Indonesia: “Saya orang Sibolga asli, ingin mengabdi dan berbuat baik di tengah masyarakat dan tidak mungkin saya merusak kampung halaman saya ini, apalagi pusat saya pun ditanam di tempat yang bertuah ini,”.

Pegawai ASN di Pemerintah Provinsi Sumatra Utara ini juga mengakui sudah menyiapkan langkah konkrit (program) membangun kampung halamannya. Tentunya, program yang akan dilaunching nantinya sudah dipastikan menyentuh langsung ke seluruh aspek masyarakat.

“Program tersebut sudah lama saya himpun dari berbagai aspirasi yang disampaikan masyarakat Kota Sibolga kepada saya di setiap pertemuan,” akunya.

Pola lebih peduli akan menjadi landasan dalam pergerakan tanpa harus sikut sana dan sikut sini. Karena kehadirannya bukan untuk menjadikan jurang pemisah, tetapi merangkul seluruh lapisan masyarakat di Kota Sibolga.

BACA JUGA:  Menuju Pilkada Sibolga 2020, Jamaluddin Pohan Paparkan Visi Misi ke Nasdem

Terkait visi dan misi, Andhy lebih berkeinginan mengadakan kontrak politik dengan masyarakat, dan jika dibutuhkan untuk dinotariskan pun dia sudah siap.

“Tak dipungkiri bahwa visi dan misi merupakan keharusan formal yang tak dapat dipisahkan bagi pasangan kandidat calon. Tetapi, masyarakat sudah jenuh dengan segudang visi dan misi yang menjadi basa basi. Akhirnya, banyak yang tak dipenuhi dan terpendam sebagai tuntunan abadi,” tegasnya.

Menurut dia, efisiensi kontrak politik jauh lebih berpengaruh dan mudah untuk diwujudkan dalam menyahuti kebutuhan warga Kota Sibolga.

Ditanya soal peluang, Andhy P. Nainggolang optimistis, karena setiap orang yang maju mencalon dipastikan memiliki peluang yang sama.

Sebagai ASN di Pemprov Sumut, tentunya akan memudahkan dirinya untuk mengatur ritme permainan nantinya. Pun begitu, kalau peraturan mengharuskan dirinya mundur sebagai ASN, Andhy juga sudah siap.

“Kok untuk Siboga supayo rancak lai, maka ambo pun siap dengan sadonyo resiko, sekali pun ambo harus mundur dari ASN,” terangnya.

Bahasa Indonesia: “Demi Sibolga yang lebih baik, maka saya pun siap dengan segala risiko, sekali pun saya harus mundur dari ASN,”.

Ditanya siapa yang akan mendampinginya maju sebagai pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga periode 2020-2025? Andhy P. Nainggolan memberi sinyal, bahwa sistem kemajemukan akan menjadi penentu.

“Sudah jelas saya seorang muslim, tentunya calon wakil akan saya minta dari saudara kita yang non muslim, sehingga pola pelangi akan mewarnai kepemimpinan kami nantinya,” imbuhnya.

Andhy kemudian menyampaikan salam hormat kepada masyarakat Kota Sibolga dan memohon untuk memberikan izin kepadanya.

“Oi…. dusanak ambo sadonyo, angku, uci, ogek, uning, mamak, etek, abang, kakak, adik, kawan sadonyo, nan indak dapek ambo sabukkan saurang-saurang, kini ko tekad ambo ala kuek nandak mamajukan Siboga, tantunyo do’a dan dukungan kito sadonyo akan labih manguekkan ambo dalam manyahuti cita-cita mulia kito agar Siboga ko labih rancak lai ka mukko,” sebut Andhy.

(dom)

Tags
Back to top button
Close