Kepala SMPN 1 Sibolga, Siti Zubaidah Siregar. (foto: syaiful)

Sibolga | Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sibolga, bersiap mengikuti lomba marching band tingkat provinsi pada November 2019. Persiapan itu dibuktikan dengan latihan rutin para siswa di sekolah.

Kepala SMPN 1 Sibolga, Siti Zubaidah Siregar, menjelaskan, latihan tersebut untuk memupuk kekompakan dan kerja sama tim, sekaligus memotivasi anak-anak agar terhindar dari bahaya narkoba.

Loading...

Selain ikut lomba tingkat provinsi, pihak sekolah juga menargetkan siswanya mengikuti lomba marching band memperebutkan piala Presiden 2020 mendatang.

“Kita pernah menjadi juara dua nasional di Padang, pada bulan Desember tahun lalu, Batam juara satu,” kata Zubaidah, saat dikonfirmasi di SMPN 1, di Jalan Alualu, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatra Utara, Senin (4/11/2019).

BACA JUGA:  Bustanul Arifin Pj Kadis Sosial Sibolga

Tetapi, ada kendala yang dihadapi pihaknya dalam kegiatan latihan. Di antaranya, jadwal siswa yang mengikuti latihan marching band kurang disiplin. Dia menduga, hal ini karena kurangnya perhatian orang tua siswa.

“Iya, partisipasi orang tua. Artinya, anak-anaknya mengikuti kegiatan marching band ini, tapi jadwalnya, mereka (orang tua) kurang peduli, kurang mendukung,” ujar Zubaidah.

Kendala lainnya adalah pendanaan, dalam rencana kerja sekolah (RKS) sangat sedikit kegiatannya, termasuk kegiatan ekskul, tidak hanya marching band, pengadaan peralatannya juga diperlukan.

“Sebagai kepala sekolah, saya sudah mengantisipasinya, walaupun dengan dana yang sedikit, tapi saya upayakan bagaimana anak-anak ini dapat melaksanakan kegiatan itu dengan baik,” terang Zubaidah.

penulis: syaiful
editor: wan

KOMENTAR ANDA
Loading...