Eliza Imelda didampingi Hotman Paris Hutapea (foto: istimewa)

Tapanuli Tengah | Tim kuasa hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kopi Johny menyatakan serius memberikan bantuan hukum kepada Eliza Imelda Hutapea, jika pernyataannya tentang permintaan sejumlah uang oleh oknum dari BKD Tapteng untuk pengurusan penetapan NIP, dilaporkan pemerintah daerah setempat.

Dalam acara talk show Hotman Paris di salah satu stasiun TV Nasional, yang ditayangkan pada Kamis (7/11/2019), Eliza Imelda mengaku, ada oknum dari BKD Tapteng yang memintanya menyediakan uang sebesar Rp 30 juta.

Loading...

Dengan alasan, uang tersebut guna kelancaran pengurusan lampiran ijazah yang dianggap TMS (Tidak Memenuhi Syarat) oleh Badan Kepegawaian Negeri (BKN), untuk penetapan NIP setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2018.

Putri Mayarumanti, kuasa hukum Eliza yang diunjuk langsung Hotman Paris Hutapea, menyatakan bahwa Eliza bersedia memberikan bukti bila Pemkab Tapteng menginginkan.

LBH Kopi Jhony juga telah mempersiapkan segala sesuatunya dalam upaya membantu permasalahan yang menimpa Eliza.

“Kalau memang pihak Tapteng ingin menuntut Eliza karena ucapan itu, kami juga siap membantu. Terutama saya, saya akan siap membantu sepenuh hati,” ungkap Putri, dihubungi wartawan melalui telepon seluler, Jumat (8/11/2019).

Putri menyebut, BKD Tapteng semestinya tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan Eliza Imelda Hutapea. Setelah dinyatakan lulus murni dalam seleksi CPNS, Eliza Imelda berhak mendapatkan NIP-nya untuk ditetapkan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Tapteng.

BACA JUGA:  Segera Ajukan Diri, PN Sibolga Terima PNS Pindahan

“Saya rasa, untuk formasi yang dikatakan salah itu, sangat tidak masuk akal. Karena sudah jelas, formasi itu tidak mungkin dibuat sebelumnya, kalau tidak ada persetujuan. Bahkan menurut pengakuan Eliza, temannya dengan formasi yang sama, mereka itu bisa dinyatakan lulus dan diangkat,” katanya.

Putri menjelaskan, sebagai langkah awal, pihaknya akan membangun komunikasi dengan Bupati Tapteng, DPRD dan BKD Tapteng, guna memediasi persoalan Eliza Imelda.

“Saya juga akan mengirim surat kepada Menpan RB, untuk melihat lagi, ada sesuatu hal yang memang seharusnya menjadi perhatian sekali,” tuturnya.

Putri berharap, Pemkab Tapteng dapat mempertimbangkan kembali untuk membantu Eliza Imelda mendapatkan haknya sebagai guru PNS.

“Kalaupun keputusan itu ada di Menpan RB, saya rasa, kamipun siap untuk menghadap pak Menpan. Karena Eliza Imelda ini, salah satu penerus bangsa yang berprestasi. Dia tidak memiliki sejumlah uang untuk bisa lolos menjadi seorang PNS,” imbuhnya.

penulis: syaiful
editor: wan

KOMENTAR ANDA
Loading...