Mobil

Ketika Datsun Menolak Punah

Tapanuli Today | Kabar mengejutkan datang dari Datsun Indonesia. Pabrikan mobil yang hidup kembali setelah sempat disuntik mati itu, harus mengakhiri aktivitas mereka di Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. Ia mengatakan, pihak Datsun Indonesia telah menghubunginya lewat telepon.

“Datsun menyampaikan, akan melapor ke Kemenperin. Mereka sedang mencari waktu untuk melapor, karena kan kebetulan dirjen pada enggak ada di tempat. Sedang ikut Presiden kunjungan ke Korea Selatan,” ujarnya kepada VIVA, dikutip, Selasa (3/12/2019).

Saat Putu menanyakan apa laporan yang hendak disampaikan kepadanya, Datsun mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan penjualan.

“Dia menyampaikan, penjualannya sangat sedikit. Di bawah skala ekonomi untuk bergerak,” tuturnya.

Putu kembali bertanya, apa langkah Datsun Indonesia selanjutnya.

“Mereka bilang, akan mengubah strategi. Datsun akan setop memproduksi tipe GO dan GO+ mulai awal 2020,” ungkapnya.

Saat ini, diketahui ada tiga negara yang memproduksi mobil dengan merek fenomenal tersebut, yakni Indonesia, India dan Rusia. Dilansir dari Indianautosblog, Selasa 3 Desember 2019, Datsun hanya akan menyetop produksi di Indonesia dan Rusia.

Pabrik mereka di India, dikabarkan tetap beroperasi membuat berbagai macam mobil dengan harga terjangkau. Bahkan, Datsun rencananya akan membuka selubung sport utility vehicle pada awal 2020.

Nantinya, pabrik tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan di India dan juga ekspor ke beberapa negara. Selain unit, pabrik juga bakal membuat suku cadang, sehingga konsumen Datsun tidak perlu khawatir tidak bisa lagi mengemudikan mobil mereka.

source: viva.co.id

Tags
Back to top button
Close