PolitikSibolga2020

Duet Jamal-Pantas, Dongkrak Anggaran Wisata dan Sejahterakan Guru

Tapanuli Today | Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dengan Pantas Maruba Lumbantobing, bertekad mewujudkan program Kota Sibolga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sumut.

Pasangan ini juga bertekad untuk menyejahterakan guru di Kota Sibolga, khususnya guru honorer. Caranya, membuat terobosan meningkatkan anggaran di dua sektor tersebut melalui APBD Kota Sibolga.

Duet Jamal-Pantas mengungkapkan program itu seusai mengikuti uji kepatutan dan kelayakan bakal calon kepala daerah yang dilaksanakan DPW Partai Perindo Sumut, di Medan, Kamis (28/11/2019).

Melansir medanbisnisdaily.com, Sabtu (30/11/2019), uji kelayakan bakal calon kepala daerah tersebut melibatkan para panelis dari internal partai, bersama akademisi dan para mantan birokrat.

Jamaluddin dan Pantas mencontohkan, pada 2019 anggaran dalam APBD untuk pariwisata dan olahraga hanya Rp8 miliar. Nilai anggaran tersebut jauh dari memadai untuk membenahi pariwisata Sibolga yang berbasis pada objek wisata buatan.

Keduanya bertekad, jika diberikan mandat untuk memimpin Kota Sibolga periode 2020-2025, akan mengalokasikan anggaran pariwisata sedikitnya Rp30 miliar pada tahun pertama kepemimpinan dan akan ditingkatkan seturut kebutuhan dan program yang ditetapkan.

Pasangan ini juga akan berupaya menarik wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba yang sedang disulap menjadi destinasi wisata kelas dunia agar meneruskan perjalanannya ke Sibolga.

Jamaluddin dan Pantas mengungkapkan, peningkatan kesejahteraan guru merupakan keniscayaan, mengingat peran strategis guru meningkatkan mutu sumber daya manusia.

BACA JUGA:  Ini Visi dan Misi 5 Balon Wali Kota Sibolga ke Partai Gerindra

Kesejahteraan guru honorer di Kota Sibolga juga sangat rendah dan memprihatinkan. Selain rendah, pembayaran honornya juga dilakukan secara periodik, yakni triwulanan atau kwartalan.

“Jika kami didukung dan duduk menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, maka kami akan meningkatkan kesejahteraan guru honorer dengan cara mengalokasikan dana pada APBD,” ungkap mantan Wakil Bupati Tapteng itu.

Politikus Golkar itu menambahkan, pihaknya juga akan memperjuangkan agar guru SMA/SMK yang kehilangan tambahan pendapatan setelah pengelolaannya ditarik ke provinsi, supaya kembali mendapatkan tambahan pendapatan.

Selain itu, pihaknya nanti juga akan menyediakan subsidi bagi siswa berprestasi, pakaian dan buku tulis gratis menyukseskan wajib belajar 9 tahun.

Pasangan Jamaluddin-Pantas yang mengusung visi-misi “Kota Sibolga yang Sehat, Pintar dan Makmur” juga berencana membangun rumah sakit (RS) di Kota Sibolga yang akan menjadi rujukan bagi rumah sakit di Kawasan Pantai Barat Sumut.

Sebab, saat ini belum ada RS rujukan di kawasan Pantai Barat Sumut dan membuat pasien yang sakit serius harus dibawa ke Kota Medan yang jaraknya sangat jauh.

Untuk mewujudkan obsesi memimpin Kota Sibolga periode 2020-2025, pasangan ini telah melobi sejumlah partai politik, di antaranya Golkar, Gerindra dan Perindo.

source: medanbisnisdaily.com
editor: wan

Tags
Back to top button
Close