PolitikSibolga2020

Bahdin Nur Tanjung Bertekad Wujudkan Medical Tourism di Sibolga

Tapanuli Today | Bakal calon Wali Kota Sibolga, Bahdin Nur Tanjung mengungkapkan dua target besar untuk membangun Kota Sibolga ke depan, yakni mengoptimalkan peranan aparatur sipil negara (ASN) dan menjadikan Sibolga sebagai tujuan wisata kesehatan (medical tourism).

Dua target besar itu diungkapkan Bahdin Nur Tanjung kepada wartawan, usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan balon Wali Kota Sibolga yang digelar DPW Partai Perindo Sumut, di Jalan Cut Meutia Medan, Kamis (28/11/2019).

Mantan Rektor UMSU ini menyebutkan, sesuai tugas pokok dan fungsinya, ASN adalah pelayan bagi masyarakat. Tetapi faktanya, rakyat masih saja mengeluhkan pelayanan yang jauh dari memuaskan, juga berhubungan dengan kalangan ASN dalam berbagai urusan.

“Jika saya diberikan amanah oleh rakyat menjadi Wali Kota Sibolga, maka ASN akan saya gerakkan agar melaksanakan tugas pokoknya secara semestinya,” kata Bahdin seperti dilansir dari medanbisnisdaily.com, Sabtu (30/11/2019).

Para ASN akan ditempatkan sesuai kompetensinya. Sebab, faktanya banyak ASN yang kompeten tidak ditempatkan seturut bidang keahliannya, tidak mengacu merit sistem. Melainkan lebih pada faktor like dan dislike.

Program besar kedua yang ditawarkan adalah menjadikan Kota Sibolga menjadi objek medical tourism (tujuan wisata kesehatan) berpasangan dengan tujuan wisata alam bahari.

BACA JUGA:  Darwin Pohan Silaturahmi dengan Pendeta Lintas Gereja

Caranya, dengan menghadirkan rumah sakit berkualitas di Kota Sibolga yang sekaligus menghempas aliran devisa Indonesia, khususnya yang dibelanjakan warga Kota Sibolga sekitarnya ke luar negeri, khususnya Penang, Malaysia yang cukup besar setiap tahun.

Selain menghempang devisa, keberadaan rumah sakit yang baik dan berkelas internasional itu sekaligus akan menjadi lokomotif ekonomi bagi Kota Sibolga. Sebab, dengan tumbuhnya sebuah rumah sakit yang banyak dikunjungi masyarakat, akan menumbuhkan usaha lain mencakup transportasi, hotel dan kuliner.

Untuk mewujudkan itu, RSU Kota Sibolga yang sudah eksis akan dikembangkan, dengan cara membenahi sekaligus meningkatkan kualitas pelayanannya meniru model yang ditawarkan rumah sakit di negeri jiran, yakni Penang, Malaysia.

“Dokter-dokter spesialis yang mumpuni akan saya ajak melayani masyarakat dengan memberikan imbalan setimpal bagi jasa mereka. Demikian juga peralatan medis yang baik,” katanya.

Selain kedua program tersebut, Bahdin juga menegaskan sektor pendidikan dasar dan menengah akan dibenahinya dengan mengoptimalkan peranan guru yang ada.

source: medanbisnisdaily.com
editor: wan

Tags
Back to top button
Close