AppsZone Featured

Facebook dan WhatsApp ‘Down’ Bersamaan

Tapanuli Today | Aplikasi jejaring sosial dunia Facebook berhenti berfungsi dengan baik bersamaan dengan WhatsApp. Masalah di Facebook tampaknya khusus untuk fitur tertentu. Pengguna melaporkan bahwa posting atau foto tertentu tidak ditampilkan, tetapi halaman tersebut mungkin memuat.

Melansir independent.co.uk, Rabu (3/7/2019), masalah dilaporkan di seluruh dunia, menurut situs pelacakan Downdetector. Pengguna di Eropa, AS, Amerika Selatan, dan Jepang sangat terpengaruh, dengan ribuan pengguna di seluruh dunia mengalami masalah.

Masalahnya datang bersamaan dengan masalah serupa di WhatsApp. Di sana, file tampaknya mengalami masalah pengiriman, artinya foto, video, dan pesan suara tidak akan ditampilkan dengan benar.

Dan pengguna juga melaporkan bahwa Instagram telah berhenti berfungsi, dengan foto-foto yang gagal dimuat di situs itu.

Halaman “Platform Status” Facebook, yang dimaksudkan untuk melacak masalah dengan situs, menunjukkan pesan yang menunjukkan bahwa layanan “sehat”.

Penghentian berlangsung selama berjam-jam diduga terjadi masalah pada server yang memiliki efek knock-on di Instagram dan WhatsApp, serta Facebook, karena ketiganya menggunakan infrastruktur bersama.

BACA JUGA:  iOS 7 Masih Bisa Akses WhatsApp hingga Februari 2020

“Sebagai akibat dari perubahan konfigurasi server, banyak orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan layanan kami,” tulis Facebook dipostingan Twitter-nya.

“Kami sekarang telah menyelesaikan masalah dan sistem kami pulih. Kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan ini dan menghargai kesabaran semua orang,”

Ketika masalah-masalah itu terjadi pada bulan Maret, mereka dikatakan sebagai pemadaman terbesar dalam sejarah internet, yang menimpa jutaan orang.

“Secara durasi, ini pemadaman terbesar yang telah kita lihat sejak peluncuran Downdetector pada 2012,” tulis Tom Sanders, salah satu pendiri Downdetector, mengatakan kepada Techcrunch setelah pemadaman itu.

“Sistem kami memproses sekitar 7,5 juta laporan masalah dari pengguna akhir selama kejadian ini. Belum pernah sebelumnya kami mengalami pemadaman skala besar.”

editor: wan

Tags
Back to top button
Close