Ilustrasi kabin pesawat. (foto: Pixabay)

TapanuliToday – Melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang menjadi hal yang menyenangkan. Hal ini tidak lain lantaran jarak tempuh yang bisa menjadi begitu singkat dibandingkan menggunakan bus atau kereta.

Namun pernahkah terlintas di pikiran Anda ketika menggunakan toilet di dalam pesawat. Ke manakah perginya kotoran Anda ketika tombol flush ditekan?

Loading...

Terkadang pertanyaan itu muncul dan sering menjadi bahan guyonan di antara masyarakat.

Banyak yang bilang bahwa kotoran baik berupa cairan atau padat akan mengeras dan langsung turun ke tanah. Namun apakah pernyataan tersebut benar? Ternyata tidak.

Dilansir dari laman Mirror, Senin 3 September 2018 setiap pesawat dilengkapi toilet dengan sistem vakum. Pihak maskapai pun telah lebih dari 30 tahun, menggunakan toilet vakum.

Sehingga mereka tidak perlu membawa air yang berlebihan, yang secara drastis akan menambah berat.

Menurut Gizmodo ketika menekan tombol flush membuka tangki penyimpanan di bagian bawah pesawat.

“Vakum itu akan membawa kotoran ke saluran pembuangan pesawat ke tangki yang bisa menampung 200 galon kotoran,” kata dia.

Toilet juga memiliki semacam lapisan non-stick Teflon untuk membantu dalam menarik limbah ke bawah.

Nantinya limbah tersebut akan tetap berada di dalam tangki selama durasi penerbangan dan akan dikeluarkan ketika pesawat sudah mendarat.

Jadi jangan bayangkan 200 galon kotoran ada tepat di bawah kalian yaa. Dan jangan lagi berfikir bahwa kotoran itu akan langsung turun mengenai orang yang ada di darat. (VIVA)

KOMENTAR ANDA
Loading...